Senin, 18 Juni 2012

VGA adalah kepanjangan dari Video Graphics Adapter




 

VGA itu singkatan dari Video Graphics Adapter, merupakan perangkat hardwere yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor, dengan kata lain seluruh tampilan/gambar yang muncul di layar monitor adalah hasil dari kerja VGA.

VGA iru secara umum dapat dibedakan manjadi 2 yaitu VGA onboard dan VGA eksternal (pakai kartu VGA), tergantung dari setingan modherboard, ada yang hanya bisa VGA onboard (seperti kebanyakan pada laptop, notebook) atau yang bisa VGA onboard dan pakai kartu VGA juga.

Kemampuan sebuah VGA ditentukan oleh chip yang terdapat didalamnya atau yang sering disebut GPU (graphics processing unit) atau otak yang berfungsi mengolah data di VGA. Setiap brand VGA (Ati dan Nvidia) punya tingkatan-tingakatannya sendiri-sendiri, mulai dari kelas value yang kinerjanya paling rendah (untuk office, presentasi, internetan, game-game ringan, dll) mainstreme, performance, dan kelas tertinggi dan harganya termahal enthusiast (untuk tahu lebih jauh pembagian seri-seri vga sesuai kelasnya silahkan lihat di website Ati dan Nvidia)

Kapasitas memori sebuah VGA tidak berpengaruh secara langsung terhadap kualitas tampilan grafis, walau jenis-jenis memori yang digunakan dapat mempengaruhi kinerja VGA juga, mis VGA 9500GT dengan type memori DDR 3 lebih baik kinerjanya dari pada VGA 9500GT dengan DDR2 walau typenya sama. Kapasitas memori VGA yang besar lebih banyak berpengaruh pada resolisi maksimal yang bisa di capai...

VGA untuk sampean...? tentu beli sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia, tidak lupa sebelum membeli perhatikan slot VGA yang ada di modherboar cari yang sesuai (mis kalau modherboad pakai colokan VGA PCI-Ekspress maka beli kartu VGA yang mendukung slot PCI-Ekspress juga) tinggal di colok VGA ke slotnya di modherboard aja, lalu instal drivernya...

4 komentar:

  1. Misi gan, izin share ya...
    Kami menjual VGA CARD

    Radeon 7730 - 2GB / 128-bit / DDR5 Sapphire
    Price Rp 797.000

    Deskripsi :

    The SAPPHIRE HD 7700 series is an extensive family of graphics cards targeting the enthusiast on a budget and mainstream users looking for increased graphics performance. It is based on the latest generation of GPU's from AMD built in its 28nm process and featuring the highly acclaimed GCN graphics processing architecture. The new HD 7730 1GB and 2GB GPUs have an optimised internal structure sharing many of the features of the higher performance models in the HD 7000 series but with fewer Stream Processors.

    Kunjungi web kami untuk produk lainnya

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih :)

    BalasHapus
  2. sampe di jelasin cara masang nya, walaupun kurang detail hehe hebat :)
    makasih

    BalasHapus
  3. Terimakasih penjelasannya.. :)

    Sempatkan mampir juga ke blog sejenis yaa... terimakasih.
    https://hartomalau.blogspot.co.id/p/blog-page_4.html?m=1

    BalasHapus